Kamis, 23 Maret 2017

Menanti Sepeda Jokowi

Sebuah hari tanpa tertawa
adalah hari yang tidak berguna
---CHARLIE CHAPLIN, komedian Inggris, 1889-1977


MENGAMATI kegiatan Presiden Jokowi dari waktu ke waktu, selalu saja ada yang menarik. Salah satunya ini: kuis berhadiah sepeda. Bahkan kuis ini seakan menjadi style-nya Jokowi.

Ya, belakangan ini, entah usulan dari siapa atau idenya sendiri, Jokowi selalu menggelar kuis ketika menjalani tugas-tugasnya di Istana Negara maupun saat kunjungan kerjanya ke berbagai tempat di Tanah Air. Ketika berdialog dengan audiens, tak lupa Jokowi menggelar kuis.

Peserta kuis itu datang dari berbagai kelangan, tergantung orang-orang yang berkumpul dan bertemu dengannya. Bisa kalangan santri, pelajar, ibu-ibu, nelayan, maupun artis. Di sela atau sesudah pidatonya, Jokowi kerap membuat kuis dengan beberapa orang peserta yang secara bergiliran diminta maju ke depan. Jokowi mengajukan pertanyaan, siapa yang semua jawabannya benar langsung mendapat hadiah sepeda.

Nah, yang menarik, bahkan mengundang tawa terpingkal-pingkal, adalah jawaban peserta sekaligus tingkah lakunya. Jawabannya ngawur, tingkahnya pun lucu di depan Presiden itu.

Misalnya, saat Jokowi menghadiri ultah pondok pesantren Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, 2016. Jokowi bertanya kepada seorang santri: ’’Coba sebutkan tiga nama menteri.’’

Si santri dengan pede-nya menjawab: Ibu Mega, Ahok, dan Prabowo. Kontan saja para hadirin tertawa ngakak lantaran jawaban itu ngawur. Walau jawabannya salah, si santri tetap mendapatkan sepeda. Ia tampak senang dan bangga.

Di tempat lain, Jokowi juga bertemu dan berdialog dengan para nelayan. Di situ Jokowi pun menggelar kuis. Kepada salah seorang peserta, Jokowi minta disebutkan sepuluh nama ikan. Nelayan itu menyebut sejumlah nama ikan salah satunya ikan Kerapu.

Yang bikin ketawa, ia pun menyebut nama ikan Indosiar. Lho, memangnya ada ikan tersebut? Barangkali ia sering melihat tayangan sebuah stasiun TV yang berlogo ikan terbang…hehehe. Si nelayan juga menyebut nama ikan Kakatua. Orang-orang pun langsung ngakak, karena itu bukanlah nama ikan, melainkan nama burung. Meski begitu, ia tetap mendapat sepeda.

Yang paling dan teramat lucu, adalah ketika Jokowi menggelar kuis di sebuah panti asuhan di Kemayoran, Jakarta Pusat. Salah seorang peserta murid sekolah dasar. Si murid diminta menyebutkan lima nama ikan. Si murid kemudian menyebut ikan lele, ikan teri…. dan ikan Ko***ol (seharusnya ikan Tongkol).

Spontan orang-orang tertawa ngakak dan terpingkal-pingkal. Jokowi pun tersipu malu mendengarnya. Rupanya si murid SD itu sangat grogi di depan Presiden sehingga sampai dua kali salah menyebut nama ikan itu seperti menyebut alat kelamin laki-laki...hahaha. Video kuis ini menjadi viral di media sosial.

Saat bertemu para artis penyanyi dan pemusik di Istana, menyambut Hari Musik Nasional, Jokowi pun menggelar kuis berhadiah sepeda. Beberapa artis yang mendapatkan sepeda di antaranya: Ita Purnamasari, Andre Hehanusa, Raisa Adriana, dan personel Bimbo. Seperti halnya anak-anak, mereka pun tampak senang dan bangga mendapatkan hadiah berupa sepeda.

Entah dari mana biaya untuk menyediakan sepeda itu. Dari dana pemerintah ataukah uang pribadi Jokowi? Menurut Sekneg, itu sudah dianggarkan artinya dari APBN. Untuk acara yang dihadiri 500 orang, biasanya disediakan 10-15 unit sepeda. Sedangkan yang dihadiri kurang dari 500 orang, hanya disediakan 5 unit sepeda.

Harus diakui, kuis-kuis yang digelar Jokowi itu merupakan bentuk  komunikasi terbaru dan segar antara Presiden dengan rakyatnya. Cukup kreatif sebagai daya tarik peserta. Agar mereka tidak tegang, bosan dan ngantuk, sebagaimana terjadi selama ini. Jokowi membuat terobosan agar kegiatan dan kunjungan-kunjungan kerja Presiden menarik perhatian rakyat.

Kuis Jokowi itu memang bukan sekadar permainan belaka. Biasanya Jokowi juga menyelipkan pesan-pesan kebangsaan misalnya tentang perlunya menjaga kesatuan NKRI, menyadari betapa kayanya bumi Indonesia, dan pentingnya bersikap optimis dalam menghadapi masa depan.

Lewat kuis itu, Jokowi juga kian memperlihatkan sebagai pemimpin yang merakyat. Ia pun hendak mengingatkan, meski kehidupan bangsa dan negara sedang sulit, namun rakyat jangan sampai kehilangan rasa gembira dan bahagia. Salah satunya dengan cara bermain kuis itu.

Sepeda sebagai hadiahnya, juga bukanlah barang mewah. Hampir semua orang mampu membelinya. Dan, sepeda yang dihadiahkan itu juga bukanlah sepeda yang mahal. Sepeda biasa. Tapi terasa menjadi luar biasa, bahkan menjadi kebanggaan bagi yang dapat, karena ada tulisan khusus: ’Hadiah dari Presiden Jokowi.’

Dengarlah kata penyanyi cantik Raisa Adriana yang mendapat sepeda itu.  ’’Guys…Aku baru aja selesai ketemu Bapak Presiden Joko Widodo untuk Hari Musik Nasional. Dan guess what? Aku dapat sepeda hadiah dari Presiden Jokowi,’’ tulis Raisa di akun twitter-nya.

Raisa saja bahagia dan bangga mendapat hadiah sepeda dari orang nomor satu di negeri ini. Apalagi anak-anak di daerah, pasti amat menantikan sepeda dari Jokowi. Siapa mau? Bersiaplah ikut kuis-kuis Jokowi berikutnya.*


Batavia, 20 Maret 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar